Senin, Desember 29, 2014

Bahaya Media Layar Terhadap Anak, Orang Tua Harus Care!

Teknologi tidak akan bisa terpisahkan dari kehidupan kita. Teknologi akan sangat bermanfaat untuk memudahkan segala pekerjaan kita. Apalagi kemajuan teknologi untuk meningkatkan kreatifitas anak. Namun tidak semua teknologi ramah dan baik untuk Anak, terutama anak dibawah 3 tahun usianya. Media layar adalah salah satu kemajuan teknologi saat ini, seperti media layar televisi, media layar smartphone, media layar gamepad, media layar tablet dan masih banyak lagi. Bukankah layar memudahkan Anak untuk lebih fokus dengan audio visual. Memang ada benarnya menggunakan media layar yang mengandung konten audio visual mampu memberikan fokus kepada anak.

Bahaya Media Layar Terhadap Anak, Orang Tua Harus Care!

Dibalik itu semua, tahukah Anda ada sisi negatif yang bisa membuat Anak lebih cendrung perhatian kepada media layar dari pada lingkungannya? sebuah penelitian dari sebuah jurnal pediatrik tahun 2004 yang dilakukan oleh The American Academy of Pediatric atau disingkat AAP ini memberikan tentang hasil penelitian dimana memberikan layar kepada anak dibawah 2 tahun sebagai mainan akan membuat otak dan dan mata anak jadi fokus, namun fokus disini bukanlah fokus aktfi namun fokus pasif, dimana dengan kebiasaan memberikan tontonan layar kepada anak dibawah 2 tahun akan membuat anak jadi tidak peduli lagi dengan lingkungannya, dan hanya fokus pada diri sendiri dan layar mainannya. In alasan yang membuat bahaya media layar untuk anak yang masih berusia 3 tahun kebawah.

Begitu juga dengan membiarkan anak dibawah usia 3 tahu menonton televisi akan mengalami penurunan perhatian pada usia 7 tahun. Ini sebuah penelitian yang telah membuktikan, dan menjadi perhatian bagi orang tua yang ingin anaknya kelak memiliki mental dan karakter yang baik terhadap lingkungan. Memberikan edukasi melalui sentuhan dan berbagai cerita tentu lebih efektif dari pada membiarkan anak bermanin dengan layar tablet dan ternyata salah. Letak masalahnya bukan pada konten yang disajikan pada layar, namun ketidak pedulian terhadap lingkungan akan menjadi masalah besar nantinya.

Itulah bahaya Media Layar untuk Anak, yang InfoTech Review bagikan untuk Anda yang punya anak masih balita terutama masih diusia dibawah 3 tahun. Buat orang tua harus harus selalu waspada terhadap ancaman dan bahaya teknologi dimana mereka belum wajar untuk menikmatinya. Orang tua punya peran besar dalam tumbuh kembang kecerdasan anak. Semoga informasi ini bermanfaat. Silakan berbagi dengan para parents muda yang baru memiliki anggota keluarga baru. 

Anda bisa membaca Tablet Untuk Perkembangan Anak yang sebaiknya digunakan disaat menginjak usia 7 tahun.

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.