Minggu, November 23, 2014

Cara Menambah RAM Virtual Pada Perangkat Android Pakai Memori Eksternal

Menambah RAM Android Virtual dengan Kartu Memori Eksternal belum banyak pengguna Android tahu. Dalam mengoperasikan HP Android terutama mengakses aplikasi baik itu game apk, dan aplikasi lainnya membutuhkan RAM (Random Acess Memory). Setiap aplikasi membutuhkan kuantitas dan kapasitas RAM berbeda, ada yang membutuhkan RAM Rendah adapula yang membutuhkan RAM tinggi, sehingga disaat HP Android mengakses aplikasi yang membutuhkan RAM Tinggi sementara RAM yang ada diperangkat Android kecil akan terjadilah masalah pada HP seperti HP Restart sendiri, Aplikasi yang dibuka mengalami force close (tertutup sendiri saat dibuka) dan masalah lemotnya perangkat Android.

Cara Menambah RAM Virtual Pada Perangkat Android Pakai Memori Eksternal
Sebelum Melakukan Menambah RAM Silakan Pahami dulu Kata Menambah RAM pada Android. Pada Dasarnya Bukan Menambah RAM secara fisik, Namun Hanya Virtual RAM yaitu Cara menambah RAM bayangan dalam bentuk Swap File dengan membuat virtual memory dengan memanfaatkan memori eksternal sebagai media Swap,

Kalau menambah RAM bentuk fisik seperti menambah RAM pada komputer dimana kita beli RAM dan langsung dimasukkan slot RAM InfoTech Review belum menemukan hal tersebut pada HP Android, mungkin nanti pasti Ada.

Jika Anda punya HP Android, atau perangkat Android yang punya RAM rendah Anda bisa menambah kapasitas RAM Virtual dengan memori eksternal. Caranya memang mudah menggunakan Aplikasi, namun Cara Menambah RAM Virtual HP Android Pakai Memori Eksternal membutuhkan perangkat Android yang sudah di root. Karena Cara ini membutuhkan akses ke sistem Android. Berikut cara menambah RAM pada perangkat Android.

Cara Menambah RAM Android Virtual Pakai Aplikasi RAM Manager Pro

Pastikan HP Android atau perangkat Android Anda sudah root dan Support Swap Free.

1. Download RAM Manager Pro v5.3.4 Apk Silakan Cari yang Free di Forum Android

Atau Anda juga bisa membelinya seharga USD 3.98 di Playstore Kalau Punya Dollar atau Credit Card:-)

2. Instal aplikasi RAM Manager Pro, setelah itu buka aplikasinya. Pilih Superuser dan pilih Allow.

3. Centang Set On Boot, selanjutnya pilih Swap File,

Memori RAM Virtual yang bisa Anda tambahkan adalah maksimal 256 MBjadi sebesar itulah memori eksternal Anda digunakan.

Untuk mengecek keberhasilan pemasangan atau penambahan memory RAM pada perangkat silakan cek melalui Swap Checker yang bisa Anda download melalui PlayStore.

Perhatian tips dan cara ini bukan untuk para beginner atau newbie di Android OS, tapi pengguna Android yang middle and advance boleh mencoba baik untuk menambah pengetahuan Android maupun pengalaman dengan dengan dunia gadget. Semoga bermanfaat!

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.