Minggu, September 21, 2014

Smartphone Kamera: Bagaimana Memilih Kamera Smartphone Terbaik

Smartphone kamera adalah salah satu kamera dimana-mana bisa dibawa bersamaan dengan smartphone tersebut. Meskipun secara kualitas kamera smartphone tidak bisa menyaingi Kamera DSLR atau kamera beneran dengan kualitas lensa yang sangat canggih dan mahal. Namun walaupun begitu, Smartphone Kamera saat ini menjadi salah satu alasan pengguna smartphone memilih smartphone dengan kamera yang ditawarkan produsen yang terbaik, baik dari Pixel nya, Harga, lensa, flash dan pertimbangan lainnya. 

Baca Juga;5 HP Android Dengan Kamera Terbaik Untuk Selfie Tahun 2015 Versi InfoTech Review

Bagaimana Memilih Kamera Smartphone Terbaik

Namun bagaimana memilih Kamera smartphone yang tepat untuk Anda, baik sebagai pecinta forografi, jurnalis independen dengan foto jurnalistik, atau pengguna kamera smartphone umumnya yang seru-seruan mengabadikan momen per momen baik itu foto bareng ataupun foto selfie. Berikut tips Bagaimana Memilih Kamera Smartphone Terbaik yang InfoTech Review rangkum dari berbagai sumber terbaik.
Smartphone Kamera: Bagaimana Memilih Kamera Smartphone Terbaik

1.Megapiksel

Dalam istilah kamera, megapiksel  adalah satuan juta titik dari elemen sebuah gambar dalam ukuran satu inchi persegi, dan ini akan menentukan kualitas dari resolusi sebuah gambar. semakin tinggi Megapiksel maka semakin tinggi pula resolusi sebuah gambar. Sebelum memilih kamera smartphone hal penting yag diperhatikan adalah Megapiksel dari sebuah smartphone kamera, ini penting untuk kepentingan ngprint gambar agar menghasilkan resolusi terbaik. 


Megapixels

(MP)

Print Size

(Best Quality)

Print Size

(Average Quality)

1 MP
2.5" x 3.5" 5" x 7"
2 MP
4" x 6" 8" x 10"
3 MP
5" x 7" 8" x 10"
4 MP
5" x 7" 11" x 14"
5 MP
5" x 7" 11" x 14"
6-7 MP
8" x 10" 16" x 20"
8 MP
8" x 10" 17" x 22"
10 MP
11" x 14" 20" x 30"
12 MP
18" x 24" 28" x 42"

Namun tidak semua hasil sebuah gambar berkualitas dihasilkan dari kamera smartphone yang memiliki Megapiksel yang tinggi, ada fitur lain pada smartphone kamera yaitu lensa dan sensor gambar yang lebar.

2. Sensor Gambar

Pada sebuah kamera pasti ada sensor gambar, dimana semakin besar sensor gambar tentu semakin berkualitas sebuah gambar yang dihasilkan. Sensor gambar di kamera smartphone menggunakan CMOS dan ada juga menggunakan CCD Sensor, kedua nya memiliki dan kekurangan masing-masing baik kualitas, pencahyaan rendah dan penggunaan daya baterai. Sensor Gambar harus menjadi sebuah perhatian bagi Anda sebelum memilih sebuah smartphone, lihat detail spesifikasi kamera HP sebelum membeli.

3. Lensa

Lensa pada smartphone kamera adalah komponen sangat penting. Dia akan menangkap gambar dan diserahkan kepada sensor gambar untuk mengolah gambar. Lensa Kamera smartphone memang sudah fix, kita tida bisa mengharapkan seperti lensa kamera professional, ini menjadi salah satu kekurangan kamera smartphone. Tapi ada juga sebagian produsen smartphone memperhatikan lensa pada smartphone dengan bekerja sama dengan produsen lensa kamera, kedepannya bisa jadi teknologi kamera smartphone akan semakin kompetitif dan semakin murah dan maju. 

4. Lampu Flash

Kamera tanpa Lampu Flash mungkin akan menghasilkan gambar kurang jelas apalagi disaat momen yang pencahayaan kurang. Cahaya dari kamera akan membantu lensa dan sensor gambar mengambil gambar yang terlihat jelas saat cahaya flash berkedip. Untuk memilih smartphone kamera Flash light harus menjadi prioritas. Ingatkah Anda dulu ketika HP Nokia berjaya, kamera HP tanpa flash, dan di saat foto di malam hari Anda harus menset kamera HP Nokia menjadi modus malam:-)

5. Internal memori

Internal memori akan menjadi sebuah penyimpanan hasil jepretan Anda, semakin besar piksel yang Anda beli maka semakin besar pula file gambar yang tersimpan. Internal memori haruslah besar untuk menampung gambar, walaupun sifatnya sementara, dimana disaat tidak sibuk Anda bisa memindahkan ke komputer atau back up ke cloud.

6. Baterai kamera

Daya Baterai smartphone yang rendah akan berpengaruh kepada kualitas gambar, percaya atau tidak jika baterai Anda sudah dibawah 5% dan disaat Anda ingin memfoto objek dengan menggunakan flash, hasilnya flash tidak akan menyala, tentu hasil gambar smartphone kamera dengan dan tidak menggunakan flash berbeda. InfoTech Review banyak menemui di Smartphone Android Samsung. Selain itu daya baterai yang tinggi akan mendukung aktifitas hobi fotografi smartphone Anda, tanpa sedikit ragu akan daya baterai smartphone Anda disaat Anda travelling dan hunting objek menarik untuk dijepret melalui smartphone kamera. Jadi, pilihlah kamera smartphone dengan daya baterai tinggi, minimal diatas 1500mAh.

7. Settingan di kamera Smartphone

Smartphone yang memiliki kamera tentu akan ada setinggan kameranya, seperti settingan Zoom, Flash, dan setingan lainnya. Akan aneh jika kamera smartphone tidak ada setingan di HP Kamera.

Dengan memperhatikan Tujuh poin tersebut tentu Anda akan mendapatkan smartphone kamera terbaik dari berbagai merek smartphone yang ada di pasaran, apakah itu smartphone dengan OS Android, BlackBerry, iPhone dan Windows Phone. Semoga bermanfaat. 


Baca juga Smartphone Nokia 1020 Andalkan kamera Samrtphone 41Megapiksel

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.