Sabtu, Agustus 16, 2014

Tiongkok Temukan Wireless Modem dari Bola Lampu

Ilmuan Tiongkok, Profesor Chi Nan dari Fudan University membeberkan temuannya tentang Sinyal wireless internet bisa dikirim melalui bola lampu. Dan teknologi ini diberi nama Li-Fi seperti InfoTech Review kutip dari zdnet.com menurut Xinhua News.

Teknologi ini baru lah eksperimen dan masih dalam tahap penyempurnaan menjadi perangkat wireless yang bisa dikomersialkan. Meskipun tahan eksperimen 1 Buah bola lampu LED mampu mengalirkan sinyal wireless ke 4 komputer, dan media cahaya LED tersebutlah yang menggantikan gelombang radio yang biasa digunakan pada wireless umumnya. Dan lampu LED ini bukanlah lampu LED biasa, namun sudah dimasukkan mikrochip, dan hebatnya dengan teknologi Li-Fi ini mampu mengalirkan internet dengan kecepatan 150Mbps dan lebih cepat dari rata-rata koneksi broadband di Tiongkok.

Chi Nan menjelaskan peralatan transmisi sinyal wireless saat ini mahal dan rendah dalam efisiensi, Adapun ponsel, dan jutaan BTS telah didirikan di seluruh dunia untuk memperkuat sinyal tapi sebagian besar energi yang dikonsumsi pada sistem pendingin mereka. Dan wajar saja kalau teknologi internet masih mahal, apalagi koneksi internet yang berkualitas.

Setelah Penemuan modem wireless dari bohlam, mungkin masih banyak lagi temuan-temuan teknologi yang belum terpublish ke media, dimana teknologi baru akan memberi kemudahan dan murah bagi umat manusia. 

Baca juga Teknologi Printer 3D
 Dan 10 Teknologi yang Bersinar di masa depan

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.