Minggu, Agustus 24, 2014

Mengatasi Masalah Moto G Tidak Mendeteksi SIM Card

Beberapa hari lalu, InfoTech Review pernah mengalami masalah Kartu SIM tidak terdeteksi di HP Android, khususnya di Moto G Motorola 8GB. Sampai InfoTech Review bisa mengatasi masalah SIM Card yang tidak terdeteksi oleh Sistem Moto G. Dan tulisan ini akan memberikan informasi berupa pengalaman InfoTech Review dalam mengatasi masalah SIM Card yang tidak terdeteksi di HP Android Moto G. Share pengalaman ini khusus untuk Tech Viewer (Sebutan Pembaca setia InfoTech Review).

Gambar SIM Card tidak dideteksi oleh HP

Berawal dari HP Android Moto G dicharger kemudian saat dilihat Sinyal tidak ada pada kedua kartu dan Kartu tidak tersedia atau tidak dideteksi oleh HP Moto G, dan ada tanda merah plus di togle Moto G. Begitu juga saat kita masuk ke setelan dan ingin menyetel kartu Dual SIM (Karena Moto G menggunakan Dual SIM) ternyata tidak membuka saat disentuh (menggeser) untuk mengaktifkan dua kartu SIM tersebut. Dan masih saja berwarna abu-abu seperti tidak aktif, (Biasanya kalau SIM Card aktif berwarna Biru) dan SIM Card masih saja tidak tersedia di toogle notifikasi paling atas Moto G. Dan berikut berbagai cara yang dilakukan InfoTech review dalam mengatasi masalah HP Moto G tidak mendeteksi Kartu SIM.

Cara Mengatasi Masalah Moto G Tidak Mendeteksi SIM Card

Ada beberapa cara Mengatasi Masalah Moto G Tidak Mendeteksi SIM Card, berikut cara-caranya agar MOTO G Anda kembali membaca Kartu SIM.

Cara #1. Matikan HP Android Moto G, lalu Lepas SIM Card yang ada diatas SIM Card 1 dan Dibawah SIM Card 2. Bersihkan Card dengan kain lembut, mungkin kotor, atau posisi SIM Card bergeser. Lalu masukkan Kembali SIM Card kemudian Hidupkkan, jika tidak berhasil ikuti cara kedua, jika berhasil cukup share Informasi ini kepada teman-teman.

Cara #2. Matikan kembali HP Android Moto G lalu buka kembali kartu SIM Card, kemudian pindahkan posisi penempatan SIM Card. SIM Card 1 dipindahkan ke SIM Card 2, dan SIM Card 2 dipindahkan ke Slot SIM Card 1. Lalu nyalakan Moto G, jika berhasil share Informasi ini kepada teman-teman. Jika tidak berhasil lakukan langkah ketiga.

Cara Ke #3. Beli kartu Perdana apa saja dua buah lalu potong dengan pemotong Kartu Mikro SIM, karena dual SIM Card yang bisa masuk ke slot SIM Card menggunakan Kartu Mikro SIM Card,aktifkan telebih dahulu di HP lain kemudian masukkan ke HP Android Moto G, jika berhasil berarti maalah terjadi pada Kartu SIM Anda yang rusak sehingga tidak terbaca oleh Sistem smartphone Android. Jika cara ketiga ini tidak berhasil silakan lanjut dengan cara ke 4.

Cara #4. Cara ini memang harus dilakukan jika cara pertama dan kedua tidak bisa mengatasi masalah SIM Card tak terdeteksi di Moto G Anda. Cara keempat ini adalah cara mengembalikan ke settingan pabrik, agar kembali normal seperti waktu saat membeli. Lepaskan kartu SIM disaat mengembalikan MOTO G ke settingan pabrik, dan back up data terlebih dahulu melalui kabel data ke komputer, terutama nomor kontak dan pasword yang harus Anda ingat, lalu lakukan reset pabrik, setelah reset pabrik dilakukan, maka masukkan kartu SIM Card kedua-duanya. Nyalakan kembali. Semoga cara ketiga ini berhasil. Dan InfoTech Review berhasil setelah menggunakan cara keempat ini. Dan jika cara keempat ini sudah Anda coba namun tidak berhasil maka ikuti cara ke #5.

Cara ke #5. Cara ini sudah masuk kedalam teknis sistem atau perangkat dalam HP Android Moto G itu sendiri, jika cara dari "Luar" tidak mampu mengatasinya, lakukanlah pengecekan ke Service center, syukur-syukur masih ada garansi, agar HP Android Moto G Anda di cek masalah teknis dalamnya apakah ada yang salah pada slot SIM Card.

Anda bisa memilih cara dari lima cara yang ditawarkan, jika satu cara tidak berhasil gunakan opsi lain untuk mengatasi masalah Moto G. Mungkin cara ini juga bisa diaplikasikan di HP Android pada umumnya dan Moto G pada khususnya.

Baca juga Cara atasi Android restart sendiri.

1 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.