Selasa, Agustus 26, 2014

Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Lambat

Cara mempercepat kinerja Android yang lambat biasanya dilakukan disaat Android Anda melamban dan pada penggunaan 2 (Dua) tahun HP Android biasanya akan semakin melambat dikarenakan banyaknya memori yang digunakan dan aplikasi yang banyak terpasang namun sangat jarang digunakan sehingga memori semakin lama semakin penuh dan akhirnya kinerja Android melambat. Ini bukan hanya terjadi pada Android dengan memori rendah, tetapi juga bisa saja terjadi pada Android yang high end sekalipun. Namun bagaimana cara mengatasi Android yang lambat.

Berikut ini cara mempercepat kinerja Android yang lambat;

Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Lambat

1. Beri Ruang Untuk RAM dan Memory Penyimpanan

Jika Anda memiliki RAM 1GB di HP Android maka jangan sempat penggunaan RAM sampai diatas 850MB, karena disaat aplikasi dibuka dan ditambah dengan aplikasi dan sistem android yang sedang berjalan akan membuat HP Android Anda melambat. Usahakanlah mengurangi beban memori RAM yang telalu berat. Dengan cara melakukan penghapusan chace dan menghapus memori melalui Pengaturan, Manager Aplikasi dan Pilih Tab Aplikasi Download dan pilih aplikasi yang ingin dihapus cache atau memorinya. Atau bisa juga menghapus Aplikasi yang terlalu banyak memakan memori dan sangat jarang digunakan.

Begitu juga dengan Memori penyimpanan, baik internal maupun eksternal. Anda bisa menghapus file yang tidak penting dan jug aplikasi yng sangat memakan memori Anda, lakukan back up Android baik dengan Aplikasi Back Up maupun dengan kabel data dengan memindahkannya ke tempat penyimpanan lain seperti laptop atau komputer. Cara pertama ini sangat efektif mempercepat kinerja Android Anda. Jika cara pertama sudah Anda lakukan, silakan cek kecepatan perpindahan dari menu ke home, jika perpindahan tidak sampai dalam hintungan detik maka HP Android Anda sudah berhasil mengatasi kinerja Android yang lambat.

2. Hapus Aplikasi Android yang Tidak digunakan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, menghapus Aplikasi yang tidak terpakai akan memberikan ruang kepada memori baik itu memori penyimpanan ataupun RAM.

3. Hapus Cache Browser dan Cache Aplikasi
Aplikasi yang kita buka akan menghasilkan cache atau jejak yang membebani memori, meskipun tidak besar, namun jika aplikasi yang sering kita buka dalam sehari membuat Android melambat. Untuk menghapus cache Android gunakan Cache Cleaner untuk menghapusnya, jadi penggunaan RAM Android jadi terkontrol dan jika berlebih akan dihapus oleh cache cleaner.

4. Melakukan Reset Pabrik

Ini adalah cara terakhir dan sangat ampuh mepercepat kinerja Android. Namun jangan sampai dengan cara ke empat ini. Disaat HP Android sudah digunakan selama lebih dari 2 tahun Anda perlu meremajakan kembali dengan cara melakukan reset pabrik. Hal ini dilakukan agar HP Android Anda seperti lahir kembali. Lebih fresh dan lebih cepat kinerjanya. Bagimana dengan data Anda?? Ini penting untuk Anda lakukan sebelum melakukan reset pabrik, yaitu melakukan back up data ke Google sebagai pengembang Android, lalu Google kan melakukan back up data berupa aplikasi, password dan yang berkenaan dengan data penggunaan. Dan bisa juga Anda back up dengan Aplikasi dan juga bisa dengan menggunakan kabel data untuk memindahkan ke PC. Dan setelah reset pabrik selesai, maka semua data tinggal diupload kembali ke Hp Anroid Anda. Silakan baca Cara Back Up Android.

Cara ini akan berhasil jika Anda melakukan test pada HP Android yang tadinya lambat sehingga menjadi lebih cepat. Dengan cara melakukan test performanya dengan menekan tombol home dan tombol back, atau membuka dan menutup aplikasi, jika sudah cepat performanya maka Anda sudah berhasil mengatasi masalah kinerja pada Android Anda.

Tiga cara mempercepat kinerja Android yang lambat ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan performa perangkat Android Anda, baik di HP ataupun tablet.

Baca juga Telpon dan SMS gratis melalui HP Android

3 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.