Senin, Agustus 25, 2014

Cara Memback Up Android Dengan Mudah (Dengan 3 Cara)

Back Up atau mencadangkan data Android baik di smartphone maupun di Tablet menjadi hal yang sangat penting untuk keamanan data. Kita tidak pernah tahu kapan HP kita hilang dan rusak dan kemudian kita tidak memiliki data apapun karena lupa melakukan back up data android. Dan saat kita migrasi data dari HP Android yang hilang atau rusak ke HP Android yang baru, kita harus melakukan setelan ulang dari awal, seandainya punya back up data proses migrasi pun sangat cepat dan mudah. Seperti di Komputer, proses back up sangat penting dimana serangan virus bisa saja mengobrak-abrik data.

Cara memback up data Android memiliki beberapa cara. Karena kebanyakan pengguna Android tidak tahu bagaimana cara memback up data dengan benar. Apalagi pengguna Android pemula, terkadang masih meraba-raba bagaimana sebenarnya sistem operasi Android itu bekerja.

Back up data Android sebenarnya sangatlah mudah, ada tiga cara melakukan back up android, dan Anda bisa memilih salah satu dari tiga cara tersebut dimana yang Anda anggap paling mudah melakukannya. Berikut tiga cara back up Android dengan mudah;

Tiga Cara Mudah Memback Up Android

1. Cara back up Android di Google
Google sebagai pengembang Android menyediakan jasa Back Up Android jika kita memberikan izin setinggan untuk di back up oleh Google. Tidak semua data Android di back up oleh Google. Google hanya melakukan Back Up data penggunaan dari Aplikasi, Password, WiFi dan settingan lain yang kita jalankan di HP atau Tablet Android, itupun jika kita mengizinkan untuk diback up, seperti contoh kasus begini, ketika Android Anda rusak misalnya, dan membutuhkan reset pabrik, maka otomatis semua aplikasi yang sudah Anda jalankan di Android tersebut akan hilang, dan jika Anda melakukan memperbolehkan Google melakukan Back Up, maka dengan mudah Anda bisa mendapatkan seluruh konten aplikasi yang sudah terinstal sebelum HP atau Tablet Android Anda rusak. Hanya dengan memasukkan email dan password Google.


Cara back up Android di Google

Caranya buka Setelan atau Pengaturan Android Anda, Pilih Pribadi atau Privacy, maka kemudian pilih Cadangkan dan Atur ulang, lalu ceklist Back Up data Saya dan Restore Otomatis. Dengan demikian disaat Anda menggunakan HP atau Tablet Android baru maka Google hanya tinggal memasukkan data Anda ke HP Android baru, karena masih dalam satu akun dan setingan.

2. Back Up Melalui Aplikasi Back Up Android

Cara back up Android Melalui Aplikasi Android di PlayStore
Banyak sekali aplikasi back up Android yang tersedia di PlayStore, baik yang gratis maupun berbayar. Tinggal pilih saja berdasarkan keinginan Anda,  pilih Aplikasi Back Up data Android yang menyediakan jasa back up aplikasi Android Anda, foto, back up kontak, musik dan video. Dengan melakukan back up dengan aplikasi ini maka data android Anda bisa aman disaat HP Android Anda rusak ataupun hilang. Silakan cari Aplikasi Back Up data Terbaik untuk Android Anda di PlayStore.

3. Back Up Android Melalui Kabel Data

Kabel data akan sangat penting untuk Android, selain bisa untuk charger dan modem usb ke PC, Kabel Data juga bisa melakukan proses pemindahan data dari Android ke Komputer. Cara ketiga ini sangat mudah dan simpel. Namun tidak semua data yang akan tersimpan jika kita lupa memback up data yang up to date. karena proses Back Up data adalah manual. Proses copy data Android ke komputer atau perangkat lain.
Cara back up Android melalui kabel data

Tiga cara ini bisa Anda coba untuk keamanan data Android Anda disaat HP Android Anda rusak, hilang, dicuri ataupun terkena malware. Semoga tiga cara back up data ini memudahkan Anda dalam melakukan proses mencadangkan data perangkat Android.

Bagi Anda pemula dalam menggunakan Android tentu akan bingung bagaimana melakukan back up Android, dengan pemaparan 3 cara back up diatas Anda bisa dengan mudah memilih cara yang mana yang familiar untuk Anda lakukan. 

Baca juga; Cara Recovery Data Di Perangkat Android Yang Hilang dan Terhapus

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.