Rabu, Agustus 20, 2014

Cara Melindungi HP Android dari Malware

Malware wajib diwaspadai karena dapat mersuak perangkat. Malware adalah singkatan dari Maliciuos Software yang mampu menyusup ke sistem dan merusaknya. Jadi, jangan pernah spele atau acuh dengan hal penting yang akan mengancam keamanan HP Android Anda. Pengintai bisa saja masuk melalui alikasi-aplikasi berbau "busuk" seperti malware yang masuk ke sistem perlahan namun pasti. Untuk keamanan Android saat ini mungkin tidak terlalu besar pengaruhnya namun suatu saat dikemudian hari pasti akan ada celah untuk bisa masuk ke sistem Android Anda dan mencuri semua data Anda. Inilah pentingnya cara dalam menangani HP Android dari serangan malware. Memahami atau mencegah akan lebih baik dari pada penyesalan di akhir cerita.

Malware bukan hanya masuk ke perangkat komputer dengan sistem operasi Windows saja, dengan kemajuan teknologi, apapun bisa dilakukan, dimana tujuan orang berbeda-beda dalam menciptakan malware, ada yang bertujuan mentest kekuatan sistem, ada pula sengaja mengacaukan sistem agar dapat leluasa mengobrak-abrik data. Sistem Android bisa saja dengan mudah terserang malware melalui internet dan aplikasi yang "jorok" yang kita pasang pada perangkat Android. Berikut ini tips dalam mencegah atau melindungi Android dari serangan Malware.
Cara Melindungi HP Android dari Malware

Cara Melindungi Android dari Malware


1. Gunakan Antivirus Untuk Android

Hal yang terpenting dalam mengoperasikan Android, baik itu tablet, HP adalah menginstal Android dengan keamanan sistem berupa antivirus untuk Android, agar mampu mencegah masuknya malware dan spyware dari manapun. Cara ini terbukti ampuh dalam melakukan blok terhadap aplikasi yang berbahaya bagi smartphone Android Anda disaat Anda mulai menelususri aplikasi.

2. Download atau Beli Aplikasi Dari Sumber Terpercaya

Play Store milik Google adalah gudangnya aplikasi berkumpul, dan secara resmi Play Store adalah gudang aplikasi resmi dengan memasukkan kata kunci aplikasi yang ingin Anda cari tinggal ketik dan cari. Dan langsung download.

3. Belajar memahami Aplikasi yang ingin dipasang

Aplikasi memang banyak juga bertebaran di Play Store, ada jutaan aplikasi disana, dan jika Anda lihai dan teliti sebelum membeli atau mendownload tentu Anda memperhatikan dengan seksama penjelasan tentang aplikasi tersebut. Luangkan waktu sejenak untuk membaca penjelasan aplikasi sebelum mendownload terlebih dahulu, apakah aplikasi sesuai dengan apa yang dijelaskan atau tidak. Karena banyak developer hanya mengharapkan klik iklan dari apikasi yang mereka buat. Dengan memahami aplikasi Android sebelum memasng, sehingga lambat laun Anda paham mana aplikasi baik dan aplikasi buruk untuk Anda untuk perangkat Android.

4. Sidelogging akan Bahayakan Perangkat Android Anda

Sidelogging itu adalah istilah dimana menghentikan keamanan perangkat Android dan langsung melakukan download dan menjalankannya di perangkat Android Anda. Seperti file ekstension APK sering terjadi di perangkat Android. Poin ini harus menjadi perhatian Anda, karena bisa saja tersemat malware seperti file .EXE yang ada pada sistem operasi Windows. Waspadalah!!

Ini mungkin sekedar tips singkat namun penuh makna dalam melindungi perangkat Android Anda. Dimana bukanlah bicara harga Android Anda, namun data-data yang ada didalamnya bisa saja dicuri yang membuat Anda pusing. Semoga bermanfaat!!

Anda juga bisa membaca Cara Recovery Data Di Perangkat Android Yang Hilang dan Terhapus

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.