Kamis, Juli 17, 2014

Mengenal USB OTG di Android

Kata USB pasti Anda sudah sering mendengar dan identik dengan istilah USB Flashdisk atau slot colokan USB di PC atau laptop. Namun bagaimana dengan istilah USB OTG di HP Android? Sebagian orang pasti sudah tau namun belum begitu paham fungsi dan kinerja USB OTG. Apalagi newbie dengan platform Android, pasti buta dengan istilah USB OTG. Tapi jangan khawatir InfoTech Review membagikan informasi USB OTG untuk Anda secara gratis dan komprehensif agar Anda paham apa itu USB OTG di Android.

USB On The Go

Apa itu USB OTG di Android dan Manfaatnya

USB OTG adalah Singkatan Dari Universal Serial Bus On The Go. Jadi USB OTG adalah berupa kabel data yang dipasang di Android yang bisa menghubungkan HP Android Anda dengan perangkat lain melalui slot USB dari ujung kabel data dan hp android bertindak sebagai host karena memiliki kabel port USB, seperti Flashdisk, Printer, Kamera dalam penggunaan DSLR Controller bersama DSLR kamera, hardisk eksternal, kartu SD dan perangkat lainnya. Jadi semua proses read, write data di luar Android seperti flasdisk, hadrisk eksternal bisa dibaca di Android. Sehingga proses transfer data pun semakin mudah langsung dari perangkat Android ke perangkat lain. Namun tidaklah semua HP Android yang support atau mendukung USB OTG, karena tidak semua kernel Android yang mendukung On The Go.

Seperti contoh penggunaan Kabel OTG adalah menghubungkan Android ke Flashdisk, sehingga kita bisa melakukan data transfer baik mengcopy dari Android ke Flashdisk atau sebaliknya. Begitu juga dengan Menghubungkan printer dari Android, dimana USD OTG adalah konektor USB female, yang bisa memasukan kabel USB male seperti kabel data printer, sehngga kita bisa dengan mudah melakukan cetak langsung dari HP Android tanpa melakukan copy dulu ke komputer.

Mengenal USB OTG di Android
Ngeprint Menggunakan USB OTG untuk Menghubunkan Android Ke Printer
Namun ada sedikit permasalahan mengenai USB OTG ini, yaitu banyak smartphone Android mendukung USB OTG dari sisi hardware, namun proses load data belum ada driver nya. Begitu juga dengan permasalahan pada Android yang support USB OTG, namun bila Android dengan RAM Rendah tentu akan lambat untuk membaca data yang besar seperti dari Hardisk Eksternal yang berkapasitas besar, dan penggunaan daya baterai Android pun semakin meningkat dan RAM semakin banyak digunkan sehingga Android lambat mebaca data dari USB OTG yang besar.

Itulah sekilas pemahaman USB On The Go baik dari pengertian USB OTG, manfaat dan cara kerja USB OTG. Anda juga bisa memanfaatkan USB OTG untuk mempermudah data transfer Anda, sehingga proses baca, tulis dapat dilakukan dengan simple dan cepat karena semua proses bisa dilakuan dengan genggaman melalui smartphone Android.

Semoga ulasan singkat USB On the Go ini bermanfaat untuk Anda yang ingin menggunakan USB OTG dalam mendukung pekerjaan Anda.

Baca juga cara recovery data Android yang hilang dan terhapus

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.