Minggu, November 15, 2015

Cara Menggunakan USB OTG Di Android

Pada tulisan sebelumnya, InfoTech Review sudah membahas tentang Android USB OTG, dan kali ini bagaimana menggunakan USB OTG di Android. Pada dasarnya USB OTG (On The Go) bekerja pada Android yang support dengan USB OTG Android. Karena tidak semua kernel Android support USB On The Go.

Menggunakan USB OTG adalah menjadikan Android sebagai Host dan dihubungkan dengan Kabel OTG dan kabel OTG di Android bisa berfungsi sebagai alatyang akan membaca dan menulis data yang ada di Flashdisk, SD Card, Bisa jadi mouse, bisa menjadi cotroller DSLR Kamera, menghubungkan ke Printer dan juga bisa menjadi game controller.

Fungsi USB OTG

Pada USB biasa, smartphone hanya bertindak sebagai perangkat yang dibaca atau dideteksi sebagai media penyimpanan oleh komputer atau laptop (sebagai slave). Sedangkan USB OTG atau yang disebut USB On The Go, smartphone bukan hanya bisa melakukan transfer data dari PC atau laptop, namun bisa bertindak sebagai pembaca data (master). Smartphone atau tablet yang memiliki USB OTG bisa membaca data dari perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk, bahkan bisa mendeteksi perangkat inputan yang umumnya digunakan pada komputer seperti mouse dan keyboard serta bisa bekerja dengan nyata.

Saat mouse USB ditancapkan ke USB OTG, Anda bisa melihat pada layar akan muncul pointer yang bisa digunakan untuk melakukan navigasi pada menu menu pada layar smartphone. Begitu juga ketika ditancapi dengan keyboard USB, pengguna bisa melakukan pengetikan pada aplikasi apa saja pada smartphone atau tablet, mengetik sms atau bahkan membuat dokumen bisa dilakukan.

Lalu bagaimanakah menghubungkannya, bukankah di smartphone atau tablet tidak ada lubang USB yang besar, alias micro USB. ?

Ya betul sekali, hampir semua gadget terkini baik tablet atau smartphone menggunakan micro USB. Karena jika gadget menyematkan USB berukuran standar yang umumnya ada pada laptop atau komputer maka bisa merusak sisi estetika sebuah gadget. Padahal para produsen gadget berusaha dengan mati-matian untuk menghadirkan desain yang tipis dan tidak terlalu banyak lubang yang tidak penting. Jadi menggunakan micro USB merupakan solusi yang paling tepat, sedangkan untuk bisa menggunakan fitur USB OTG ini produsen telah menyediakan sebuah kabel khusus, kebanyakan orang menyebutnya sebagai kabel USB OTG, karena fungsinya memang untuk itu. Pada kabel USB OTG disediakan sebuah lubang USB dengan ukuran standar layaknya pada komputer atau laptop, jadi flasdisk, keyboard dan mouse bisa ditancapkan, sedangkan ujung satunya USB berukuran kecil untuk ditancapkan ke lubang USB micro pada gadget seperti tablet atau smartphone.

Ups, ini Anda harus ketahui, bahwa tidak semua gadget mengusung micro USB, ada juga yang mengusung usb dengan ukuran khusus, ukurannya sama tipisnya namun lebih panjang. misalnya pada tablet samsung galaxy TAB 2.  Namun ada juga gadget, khususnya tablet yang menyediakan lubang USB dengan ukurang standar yang umumnya ada pada laptop atau PC, sehingga pengguna tidak perlu menggunakan kable USB OTG.


Cara Menggunakan USB OTG Di Android
Kabel USB OTG Menghubungkan Android dan USB Flashdisk

Cara Menggunakan USB OTG

Cara menggunakannya sangat mudah,  hanya butuh Android yang support OTG, kemudian bisa membeli kabel USB OTG di pasaran, setelah itu pasangkan kabel OTG ke Android Anda, setelah terpasang lalu coba test Kabel USB OTG yang terpasang dengan menjadikan Android sebagai Host dengan memasukkan Flasdisk, jika flasdisk terbaca maka kabel USB OTG Anda berhasil digunakan di Android. Begitu juga dengan perangkat lain yang menggunakan USB.

Begitulah cara menggunakan USB OTG di HP Android. Mudah-mudahan cara ini bisa bermanfaat dalam mengoptimalkan HP Android Anda.

Baca Juga cara menghubungkan Android ke Printer

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.