Selasa, Juli 15, 2014

Cara Membuat Partisi SD Card Mudah, Cepat dan Tepat

SD Card adalah singkatan dari Secure Digital. Sebuah alat untuk menyimpan data digital untuk kepentingan perangkat portable. Atau yang sering dikenal dengan nama Kartu Memori Eksternal. Kartu memori eksternal ini memiliki kemampuan untuk menyimpan data pada ruang (Space) yang memiliki berbagai kapasitas penyimpanan. Dari kapasitas yang mampu memberi ruang data sebesar 256MB sampai kapasitas Giga Byte data. Untuk Kartu memori eksternal yang besar ternyata bisa dengan mudah kita partisi atau kita bagi menjadi beberapa slot ruang berdasarkan pembagian kapasitas daya tampung data tentu saja untuk kepentingan manajemen penyimpanan data agar lebih baik. Namun sudahkah Anda paham bagaimana sebenarnya Cara Membuat Partisi SD Card Mudah, cepat dan tepat.
Cara Membuat Partisi SD Card Mudah, Cepat dan Tepat

Dalam pembagian partisi, Partisi Fat32 berfungsi sebagai penyimpanan data seperti Foto, Musik, Video, Dakumen, Partisi Ext2 dan Partisi Linux Swap.
Partisi Ext2 berfungsi sebagai tempat penyimpanan file aplikasi, Partisi Ext2 ini bisa kita bilang sebagai memori internal ke dua yang nantinya digunakan untuk menyimpan file dari aplikasi-aplikasi.
Sedangkan Linux Swap merupakan partisi yang berfungsi membantu kinerja RAM untuk ponsel Android yang memiliki spesifikasi RAM kecil.

Karena jika salah dalam membagi partisi bisa saja kartu memori atau SD Card Anda rusak dan data terhapus atau hilang dan pembagian partisi tidak proporsional seperti apa yang Anda inginkan dalam pembagian partisi. Berikut ini InfoTech Review memberikan tips dan Cara Membuat Partisi SD Card Mudah, Cepat dan Tepat;

Alat atau perangkat yang harus Anda siapkan adalah;
1. Card Reader untuk memasukkan SD Card
2. PC atau Laptop untuk eksekusi
3. Software Mini Partition Wizard Download dan instal di PC atau Laptop

Cara Membuat Partisi SD Card Mudah, Cepat dan Tepat

Ikuti langkah berikut ini agar Partisi SD Card berjalan dengan baik,

1. Back Up data dari SD Card ke komputer jika data ada dalam SD Card. Hal ini penting agar jika terjadi error maka data penting Anda sudah aman di back up

2. Hubungkan SD Card (Kartu memori Eksternal) Anda ke Laptop atau PC menggunakan Card Reader

3. Buka software Mini Tool Partition yang telah anda Download dan Install di laptop atau PC. Pilih drive SD Card Anda, biasanya berada di Disk 2, klik pada drive SD Card tersebut lalu klik kanan dan pilih Delete maka SD Card anda akan menjadi Unallocated.

4. Klik Kanan pada disk Unllocated dan pilih Create. Create As = primary, File System = FAT32, Partition Size, Lalu kita membuat partisi pertama untuk kepentingan data penyimpanan multimedia seperti video, gambar, musik dan lain-lain.
Misalnya SD Card Anda Memiliki besar kapasitas 8GB dan dipartisi menjadi 2, 4GB untuk Multimedia seperti foto, video dan musik dan 4GB lagi untuk aplikasi dan kepentingan samrtphone Android lainnya pastikan pembagian partisi proporsional berdasarkan kebutuhan kapasitas penyimpanan data.

5. Selanjutnya kita akan membuat partisi kedua, klik kanan sisa partisi kesatu pilih Create kemudian isikan sesuai kebutuhan misalkan Create As = primary , File System = ext2 , Cluser Size = 4kb dan Partition Size = 4000 MB klik OK.

Begitulah cara membuat partisi SD Card mudah, cepat dan tepat. Intinya dengan menggunakan software Mini Tool Partition proses partisi lebih cepat mudah dan tepat. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat!!

1 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.