Selasa, Mei 06, 2014

Tips dan Cara Memilih Nama Domain Terbaik

Cara Memilih nama domain untuk blog/website bukanlah asal main comot saja, perlu pertimbangan khusus dan detail untuk memilihnya. Karena akan mempengaruhi traffik ke website atau blog nanti. Ibarat sebuah menyewa toko untuk berdagang, Anda harus memilih lokasi yang tepat untuk lokasi berdagang Anda, lokasi yang ramai dan banyak dilewati orang akan menentukan akan menentukan lancar tidaknya sebuah bisnis jual beli begitu juga dengan nama domain apalagi untuk bisnis online.

Memilih nama domain tidak ubahnya meriset pasar ketika kita hendak memulai usaha, dan dalam pemilihan domain tidak ada ubahnya seperti pemilihan lokasi berjualan, dan ini adalah hal mendasar dalam memulai sebuah bisnis baik jual beli barang dan jasa. Dan domain untuk bisnis apalagi bisnis online sama saja dengan riset pasar karena bisnis online juga sudah mulai berkembang di Indonesia.

Tips dan Cara Memilih Nama Domain Terbaik

Berikut ini tips memilih nama domain yang InfoTech Review kutip dari imuzcorner.com dan sumber lainnya yang dirangkum lengkap pada Tips dan Cara Memilih Nama Domain Terbaik.

1. Pilih Nama Domain yang Singkat.

Memilih nama domain yang singkat berguna untuk mudah mengingatnya, jangan terlalu berbelit-belit sehingga susah mengingatnya. Pronunciation dari websitenya juga jangan terlalu ribet, agar lebih gampang diingat, di eja dan di cari oleh pencari di Search Engine, ini adalah alasan dasar untuk memilih nama domain.

2. Pilih Nama domain yang Spesific dan identik.

Spesifik dan identik maksudnya kalau memilih nama domain untuk perusahaan gunakanlah nama perusahaan tersebut atau yang berkaitan dengan produk perusahaan tersebut. Kalau blog personal gunakan lah nama Anda untuk nama domain atau bisa disiasati dengan nama sebutan atau nama yang familiar Anda.

Khusus untuk blog atau website bisnis, ini tips penting; Kalau Anda ingin membuat blog/website untuk bisnis internet dengan Google Adsense pakailah keyword yang mahal untuk nama domain blog bisnis Anda. Keyword mahal itu maksudnya bisa dilihat di Google Adwords contoh keyword yang mahal di yang mempunyai CPC (Cost Per Click) antara 5 USD samapai 34 USD CPC nya, Lumayankan?? Seperti keyword; Insurance, Forex dan Loan Education, silahkan cek di google Adwords, ini keyword yang mahal.  Manfaatnya adalah jika kita memakai nama domain dengan keyword yang mahal nanti setelah blog itu jadi google akan menempatkan Adsense yang mahal juga CPC nya di blog kita tersebut, yang pastinya kontennya juga tidak jauh-jauh dari nama domain tersebut.

Kalau mau lebih spesifik, ketik keyword yang mau dibuat nama domain tadi di Google Trends, dan lihat trendnya dimana, kalau trendnya di Amerika, silahkan beli domain berekstensi  “us” atau “uk” untuk blog  kalau Inggris, Misalnya Online dating Trendnya di Amerika jadi beli Domain berkekstensi “us” http://www-americansingles.us/ dan bahasanya juga Inggris. Nah begono..tertarik membuat blog komersil?? Nah pakai keyword yang mahal untuk domain dan kontennya. O iya.. satu lagi Anda juga harus lihat kompetitor Anda dengan nama domain dan keyword tersebut, silahkan cari nama domain/keyword tersebut di Goolge.com, dan coba pula memakai tanda petik-keyword-tutup petik untuk melihat pesaing Anda. Untuk memudahkan penetrasi pasar pastinya.

Bisa juga menggunakan nama domain dengan kata kunci yang banyak dicari orang di mesin pencari dengan melakukan riset di Adwords Planner atau Software Market Samurai. Gunakan nama domain positif dan jangan menggunakan domain yang berbau tidak enak didengar.

3. Mensiasati Ekstensi Domain.
Nah ini penting juga, Kalau nama domain yang kita inginkan sudah terpakai, untuk mengecek domain yang sudah dipake atau belum lihat disini http://whois.domaintools.com/namadomain.com, aturan dalam memilih domain: Nama Domain hanya boleh menggunakan huruf dan angka, karakter lain yang di perbolehkan adalah tanda “-” (baca: strip atau dash), tetapi karakter “-” tidak diperbolehkan berada di awal dan akhir sebuah nama domain. Misalnya http://imuzcorner.com/. Spasi dan karakter lain tidak diperbolehkan. Untuk nama domain, maksimun karakter yang diperbolehkan adalah sebanyak 63 karakter, tidak termasuk extensi domain (.com/.net/.org/.info dll). Nama domain biasanya menggunakan huruf kecil semua, walaupun ketika di ketik menggunakan huruf besar/kapital pada browser juga bisa. Pilihan extensi utama ketika Anda memilih domain adalah .com karena lebih populer ketimbang extensi lainnya. Selanjutnya apabila sudah terpakai, pilih .net, .org, .info, .biz, atau domain terbaru Indonesia dengan id, dan lainnya.

4. Beli Domain Berdasarkan Lokasi

Jika tujuan untuk website bisnis dari riset pasar yang Anda sudah lakukan pada poin kedua, kalau misalnya lokasi yang ingin Anda targetkan di Indonesia, website bisnis Anda bisa menggunakan domain id, atau di negara-negara lain yang ingin ditargetkan sebagai pangsa pasar bisnis online Anda. Pemilihan nama domain juga harus dengan format ASCII.

5. Beli Domain satu paket dengan Hosting
Jika menggunakan platform website seperti Wordpress, Joomla dan paltform website lainnya, sebaiknya beli paket domain dan hosting bersamaan, agar memudahkan Anda dalam memperpanjang masa berlaku domain dan hosting begitu juga dengan kecepatan hosting.

Semoga bisa memberi informasi terbaik dan bermanfaat untuk memilih domain website. Silakan share jika tips ini membantu Anda dalam mencari infromasi yang tepat.

Baca juga 10 Teknologi yang bersinar dimasa yang akan datang

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.