Minggu, Mei 11, 2014

Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Root Android

Apa itu Root Android

Apa itu Root? Dalam sistem operasi Android dimana sistem operasinya dikembangkan dari sistem operasi open source Linux, namun bagi pemula pengguna perangkat Android, baik HP Android maupun Tablet Android tentu sedikit membingungkan apa itu root di perangkat Android.

Definisi Root Android

Apa itu Root dalam istilah perangkat Android, secara definisi bahasa Root berasal dari Bahasa Inggris dengan Arti Akar, dasar. Namun secara terminologi InfoTech Review hanya bisa menggambarkan sebuah gambaran dengan mengambil contoh sama seperti User Administrator di Sistem Operasi Windows yang biasa digunakan. Itulah Gambaran Root Android.

Berarti Root Android adalah proses yang memperbolehkan pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menjalankan sistem operasi Android untuk memberikan hak akses sepenuhnya dalam melakukan kontrol pada sub-sistem Android. Setelah melakukan root perangkat Android , Anda bisa memiliki akses penuh ke seluruh sistem dan dapat menjalankan jenis khusus aplikasi yang membutuhkan akses root . Aplikasi ini dapat menonaktifkan bloatware , mengontrol hak akses aplikasi , memungkinkan untuk melakukan Tethering , dan lain-lain. Secara default (Bawaan Smartphone/Tablet Android) , Anda tidak memiliki akses root ke perangkat Android Anda , dan ada juga aplikasi tertentu yang tidak akan berfungsi tanpa melakukan akses root Android. Kesimpulannya Android Root adalah melakukan pengrusakan, cracking perlindungan pada Smarpthone/tablet Android bawaan (Default) sehingga Anda memiliki kontrol penuh atas software dan sistem operasi.

 Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Root Android

Namun Apa sih kelebihan dan kekurangan dalam melakukan Root di Android? Bagi yang ingin melakukan root Android ada baiknya simak dulu kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan untuk melakukannya di smartphone atau tablet Anda. Berikut ini  Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Root Android;
Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Root Android


Kelebihan Melakukan Root Android

  • Lebih Mudah dikostumisasi
Melakukan root Android kelebihannya adalah lebih mudah untuk kostumisasi  dimana Anda bisa menginstal ROM yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk memasang saat ini dan masa depan OS . Beberapa developer telah menciptakan ROM kustom mereka sendiri , seperti CyanogenMod . Agar diketahui bahwa ROM  adalah Read Only Memory tempat penyimpanan sistem data  yang berbentuk Chip-IC. Dalam istilah ROM Android ada sitilah Stock Room dan Custom Room
Stock ROM dari perangkat keluaran pabrik atau vendor tersebut (Default atau Bawaan Pabrik). Secara teknis file sistem dalam Stock ROM perangkat diambil-download oleh Custom Developer dari pihak ketiga untuk dimodifikasi mereka sesuai keinginan, selanjutnya ditanamkan lagi keperangkat tersebut dan custom rom adalah file sistem firmware perangkat baik berupa handphone, tablet di kostumisasi oleh developer pihak ke 3 dengan tujuan tertentu dan dengan mengubah firmware resmi-asli (Stock ROM ) bawaan vendor perangkat tersebut. Dengan demikian setelha perubahan Room dari Stock Rom ke Custom Rom maka akan lebih mudah untuk kostumisasi seperti menambah fitur dari firmware perangkat Android sehingga mempunyai performance melebihi dari apa yang sudah ditawarkan oleh Stock Rom bawaan vendor Android. 
  • Pasang Aplikasi Android di SD Card
Aplikasi bisa dipasang di SD Card setelah di Root, seperti aplikasi yang membutuhkan data besar, seperti game. Dan juga Space internal memori akan memiliki banyak ruang, jadi performance meningkat. Sedangkan di HP Android yang tidak dilakukan Root, hanya mengandalkan memori penyimpanan internal untuk data saving dari aplikasi. Ini salah satu kelebihan Root Android.
  • Lebih Bnayak Pilihan Aplikasi
Sudah tentu aplikasi-aplikasi Android bisa Anda akses seluruhnya, karena banyak aplikasi Android yang hanya bisa diakses dengan menggunakan Android yang sudah diRoot, ini satu keuntungan bagi yang hobi dengan game besar yang hanya support dengan perangkat yang sudah root.
  • Meningkatkan Performance Android
Performa Android tentu meningkat, karena sistem sudah dikendalikan oleh Anda, jadi Anda tahu persis apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan performa Android. Seperti salah satunya menghapus aplikasi bawaan Android yang memakan RAM dan Internal memori. 
  • Wi - Fi dan Bluetooth Tethering
Bagi pengguna Android bawaan yang tidak tersedia Wi-Fi dan Bluetooth Tethering yaitu fitur modem Wifi dan Bluetooth pada perangkat Android yang bisa berbagi koneksi dari data seluler, Anda bisa melakukan Root Android agar Wi - Fi dan Bluetooth Tethering tersedia di perangkat Android.

Kekurangan Melakukan Root Android

Setelah membaca kelebihan, sebaiknya kekurangan Root Android juga harus perlu diketahui oleh Anda. Apa saja kekurangan Root pada perangkat Android;
  • Membatalkan Garansi Dari Perangkat Android
Hak Anda sebagai konsumen untuk mendapatkan garansi pada perangkat akan batal jika proses root android telah dilakukan pada perangkat  Android. Jika dikemudian hari terjadi kerusakan hardware dan perangkat Android mengalami restart terus menerus  tanpa bisa diatasi melalui reset, Anda harus merelakan HP Anda terdiam tanpa ada garansi dan harus mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan sendiri. Ini menjadi perhatian bagi pengguna Andorid Root.
  • Proses Root Android Bisa Gagal
Dalam melakukan root Android harus menjadi perhatian bagi pemula dalam proses root, karena bisa saja gagal dan tidak seperti yang diharapkan. Sebaiknya perhatikan mendetail sumber referensi terbaik dalam proses root Android pada smartphone/tablet dengan merek tertentu dan sistem operasi Android tertentu. Agar kesalahan rooting bisa diminamalisir.
  • Keamanan Perangkat Android
Keamanan akan bisa terbuka melalui aplikasi yang diinstal, bahaya malware bisa saja mengintip dan mencuri indentitas dan data penting lainnya dari perangkat. Ini menjadi salah satu kekurangan root Android.
  • Kehilangan Root jika install Update Android
Google sebagai pengembang Android akan mengirimkan OTA (Over The Air) Update. Jika kita melakukan update Android sedangkan HP Android Anda sudah diroot maka root pada perangkat Android akan kehilangan root. 

Itulah Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Root Android, pahami dulu kelebihan dan kekurangan android root, dan resiko, sebelum melakukan root. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.