Minggu, Mei 25, 2014

Haruskah Website dioptimasi menjadi Mobile Friendly Sites?

Di Era digital dan kecanggihan teknologi mobile, perusahaan dan publisher konten website dituntut untuk mampu memahami selera custumer dan pengunjung, dimana setelah kehadiran smartphone dengan layanan data, kini pengguna lebih cendrung menggunakan smartphone untuk mengakses website. Dan kini penggunanya sudah lebih banyak menggunakan Smartphone untuk akses internet. Selama ini konten website masih menggunakan ukuran PC atau Laptop dan belum membuat mobile friendly site untuk kebutuhan smartphone yang lebih cocok untuk laman di smartphone. Dan para pengelola website, baik itu website bisnis ecomerce, website perusahaan, atau publisher harus memahami permintaan pasar tersebut. Karena ini sudah tuntutan kemajuan teknologi mobile.

Berasarkan penelitian yang dilakukan oleh Google, Sterling Research dan Smith Geiger, 52 Persen Pengguna internet lebih suka sebuah website menggunakan mobile version, sebuah penelitian yang dilakukan sejak 2012 lalu dan kini banyak perusahaan sudah menerapkan mobile version, atau mobile friendly site untuk website yang dikelola.
Haruskah Website dioptimasi menjadi Mobile Friendly Sites?

Berbagai alasan pun muncul kenapa para pengguna internet ogah dan enggan untuk mengakses website tanpa mobile version. Seperti yang dikutip InfoTech Review dari sebuah survey melalui interview online oleh Google Australia di Tahun 2012 lalu. 51 % mengatakan jika tidak menggunakan mobile site harus melakukan pinch dan zoom pada layar, dan 42 % mengatakan tampilan tombol dan link terlalu kecil, 38% waktu loading agak lambat dan 38 % lagi mengatakan susah untuk masuk ke informasi. Dan masih banyak lagi interview survey berdasarkan website yang tidak dioptimalisasi menjadi mobile version dan website yang dioptimalkan dengan mobile friendly site.

Kesimpulannya Website Mobile Friendly Lebih disukai Pengunjung dari pada website yang tidak dioptimalisasi menjadi website mobile. Google pun menganjurkan hal tersebut untuk memobilise konten website.

Namun ada juga sedikit kekurangannya, web konten dengan versi mobile tidak begitu ramah dengan iklan mobile. Untuk iklan berukuran lebar misalnya tidak bisa berjalan dengan baik di mobile version site. Dan bagi yang memonitize website akan merasa sedikit dirugikan, meskipun iklan versi mobile tersedia denan ukuran kecil. Bagaimana pendapat Anda?  Haruskah Website dioptimasi menjadi Mobile Friendly Site?

Anda bisa juga baca cara memilih domain untuk website

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.