Senin, April 06, 2015

Penyebab Dan Solusi Aplikasi Android Force Close

InfoTech Review - Smartphone Android Anda sering mengalami masalah ketika membuka aplikasi kemudian muncul Force Close, sebelum aplikasi tersebut terbuka dengan baik. Ini akan membuat kesal Anda pastinya. Ini bisa terjadi di Smartphone atau tablet Android. Ketika Anda membuka Aplikasi maka Anda dipaksa untuk menutupnya kembali. Lalu apa sebenanrya penyebab Aplikasi Android ini Force Close atau dipaksa menghentikan aplikasinya.

Penyebab Aplikasi Android Force Close

Ada beberapa penyebab Aplikasi Android Force Close, yaitu;

1. RAM Tidak Sanggup membuka aplikasi
2. Aplikasi Tidak Kompetibel dengan Gadget Android Karena Aplikasi masih versi Beta (Percobaan)
3. Masalah hardware tidak mendukung Aplikasi
4. Folder Storage Aplikasi terhapus Atau tidak diperbaharui sempurna

Solusi Aplikasi Android Force Close

Mari kita bahas satu persatu penyebab aplikasi sering mengalami Force Close di Android.

1. RAM Tidak Sanggup Membuka Aplikasi

Memory Smartphone Android yang terlalu rendah kemungkinan besar bisa mengalami force close saat buka aplikasi, Anda bisa illustrasikan saja kalau Tablet atau HP Android dengan RAM rendah 512MB, dengan banyak aplikasi terinstal ini juga sudah memakan RAM yang banyak, apalgi Aplikasi Android tersebut butuh selalu update dan pembaharuan yang tidak bisa dihapus updatenya, bisa-bisa RAM Anda tidak ngangkat untuk buka aplikasi, maka muncul Force Closes.


2. Aplikasi Tidak Kompetibel dengan Gadget Android Karena Aplikasi masih versi Beta (Percobaan)

Bisa saja Android Anda akan mengalami force close disaat Anda membuka aplikasi yang sama sekali tidak sesuai dengan sistem operasi Android Anda. Incompatibel aplikasi bisa menyebabkan force closes, ilustrasinya jika Android Anda Jelly bean, kemudian suatu aplikasi yang Anda unduh dan pasang butuh Android jelly bean versi tertentu untuk bisa berjalan di Android.


3. Masalah Hardware tidak mendukung Aplikasi

Hardware gadget Anda bisa saja tidak sesuai parameternya dengan aplikasi yang Anda unduh dan pasang misalnya Ada Aplikasi Android berupa aplikasi Game yang membutuhkan spek secara teknik lebih tinggi, namun jika gadget Anda tidak cocok maka force closes akan muncul.

4. Folder Storage Aplikasi terhapus Atau tidak diperbaharui sempurna

Bisa juga aplikasi yang Anda buka memaksa untuk berhenti karena folder storage app nya hilang atau terhapus dari sistem, maka force close akan muncul dilayar untuk menghentikan aplikasi yang Anda buka. Jangan pernah mengotak atik, meghapus atau memindahkan dari internel memory eksternal memory folder yang terinstal di sistem Android, jika file hilang maka force close bisa saja terjadi. Bisa juga disaat Anda melakukan pembaharuan aplikasi dengan mengunduh update namun tidak sempurna saat internet tidak stabil dan terputus membuat unduhan Anda tidak sempurna bisa saja mengakibatkan force close ketika Anda membuka Aplikasi tersebut.

Penyebab Dan Solusi Aplikasi Android Force Close

Solusi Aplikasi Android Force Close

Solusinya ketika Android Anda mengalami Force Close, atau pembukaan aplikasi tidak terbuka dan harus ditutup atau di berhentikan;

1. Teliti Sebelum menginstal Aplikasi
Ini adalah solusi preventif agar tidak terjadi Force Close pada Android Anda. Pada Aplikasi Android di PlayStore, developer Android Apk pasti sebagian ada yang memberikan keterangan spesifikasi aplikasi yang ditawarkan, jadi teliti sebelum melakukan pemasangan aplikasi, karena jika tidak sesuai dengan spek HP Android dan spek aplikasi bisa saja terjadi Force Close. Baca Tip Memilih Aplikasi Terbaik. Pertimbangkan penggunaan alikasi di Android terlalu banyak, dan Anda bisa hapus dan hilangkan aplikasi yang tidak terlalu penting. Dan pilih Aplikasi yang lebih ramah dengan gadget Android yang memiliki RAM Rendah.

2.  Pahami masalah apa Pada Aplikasi Android
Apa yang terjadi ketika Android Anda memaksa berhenti aplikasi yang ingin Anda buka, apakah masalah RAM, File yang diunduh tidak sempurna atau file aplikasi tidak diperbaharui. Permasalahan dengan RAm yang bisa membuat force close juga bisa terjadi ketika RAM Anda tidak cukup menampung aplikasi yang begitu banyak di Android Smartphone, dan disaat Anda membuka aplikasi tentu akan tidak ngangkat karena ada aplikasi meskipun tidak berjalan atau kita buka masih membutuhkan akses memori, bisa juga terjadi force close.Hati-hati dengan RAM Android yang kecil.

3. Uninstal Aplikasi
Cabut pemasangan aplikasi dimana aplikasi tersebut mengalami masalah yang memaksa Anda untuk memberhentikan aplikasi yang Anda buka.Termasuk menghapus segala data baik data file berupa history data yang tersimpan maupun data cache.

4. Restart Atau Reboot
Reboot bisa menjadi solusi ketika mengalami force close, agar kembali segar dari konflik data yang terjadi antara aplikasi dan sistem Android dan juga Hardware.

5. Reset Factory
Factory reset atau mengembalikan sistem Android Anda ke settingan pabrik bisa menjadi solusi jika dari 4 solusi diatas tidak bisa menyelesaikan masalah force close di Android.

6. Bawa Ke Servis Resmi Smartphone Android
Ini adalah Jurus terakhir alias solusi terakhir, jika masalah Force Close tidak terselesaikan oleh 5 solusi diatas, segera bawa ke service resmi Android Anda, bisa jadi ada kesalahan hardware yang membuat masalah force close tidak bisa diatasi.

Itulah penyebab terjadinya force close di Android dan solusinya. Anda juga bisa menceritakan pengalaman Anda dalam kasus ini. Cerita Anda akan membantu untuk mengembangkan Android Open Source sebagai OS yang ramah, murah dan canggih. Semoga bermanfaat!

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.