Minggu, April 27, 2014

Pendapatan Iklan Internet Lebih Besar Dari Televisi di Amerika

Pangsa Pasar Media Iklan Internet

Internet telah menggeser keberadaan Televisi sebagai media iklan dalam dunia periklanan di Amerika, terbukti Internet menjadi Pangsa Pasar Media Iklan Terbesar di US setelah survey yang diadakan oleh PwC (PricewaterhouseCoopers LLP) dan sponsori oleh  Interactive Advertising Bureau (IAB) dalam sebuah laopran IAB internet advertising revenue report untuk Tahun 2013 lalu yang dirilis pada April 2014 ini menunjukkan pendapatan dari iklan internet mencapai 57% dari semua iklan media televisi dan kabel.

Dari hasil survey hasil menunjukkan Pendapatan Iklan Internet Lebih Besar Dari Televisi di Amerika dimana data di tahun 2013 bahwa Internet terus berkembang signifikan sebagai media periklanan online yang mampu menggeser keberadaan Media Televisi dan kabel di Amerika Serikat terbukti dari data yang diberikan oleh PwC dan IAB menunjukkan pendapatan iklan internet di tahun 2013 mencapai 42,8Milyar  Dollar, ada peningkatan sebesar 17 % dari tahun 2012, sedangkan pendapatan iklan Pendapatan Media Televisi hanya meraup 40,1 Milyar Dollar selama 2013.

Pendapatan Iklan Internet Lebih Besar Dari Televisi di Amerika

Bagaimana Pangsa Pasar Iklan Internet Mengalahkan Iklan Televisi

Trend internet sebagai media untuk marketing memang sudah berkembang sejak lama meskipun media televisi jauh lebih tua untuk periklanan. Namun bagaimana pangsa pasar iklan internet mampu mengalahkan media iklan melalui televisi? Seiring dengan berkembang pesatnya internet dan juga didukung oleh gadget teknologi internet tersebut dimana internet bisa dikases melalui smartphone, tablet dan gadget mobile lainnya. Hal inilah membuat layar televisi yang dipenuhi oleh iklan tak lagi mengejutkan. Keberadaan smartphone, tablet dan gadget mobile lainnya dengan layar kecil dari televisi yang dibawa setiap saat mempunyai peran penting dalam kehidupan konsumen sepanjang hari, terbukti selama 2013 pendapatan Mobile Advertising mencapai 7,1 Milyar Dollar di US meningkat 110 % dari tahun 2012 hanya mencapai 3,4 Milyar Dollar.  Hal inilah membuat pendapatan iklan internet di Amerika meningkat.

Penyumbang Pendapatan Iklan dari Pengiklan berdasarkan Industri Utama

Dan pendapatan iklan besar dari Internet itu berasal dari industri-industri sebagai advertiser (Pengiklan) utama dalam memberikan sumbangan terbesar untuk pedapatan iklan internet, Industri besar yang membelanjakan uang untuk iklan internet adalah industri ritel, mencapai 20% dari total 100 % industri yang ada, selanjutnya jasa keuangan mencapai 13%, Indsutri otomotif 12%, Industri Telekomunikasi 9%, Rekriasi Travel (Meliputi airfare, hotels, and resorts)8%, Consumer Packaged Goods 7%, Produk Komputer 6%, Farmasi dan Perawatan Kesehatan menyumbang 5%, Media 5% dan Industri Hiburan menyumbang 4%.

Dengan data ini menunjukkan bahwa adanya pergeseran atau perpindahan para pengiklan dari Televisi ke Internet untuk mengiklankan produk mereka. Ini kesempatan buat para publisher untuk mengembangkan media internet berupa website atau blog informasi yang tentunya dengan traffik pengunjung yang tinggi sebagai media tempat beriklan buat para pengiklan. So Bagaimana dengan tren periklanan di Indonesia? Apakah masih didominasi oleh media televisi, internet? Atau juga sama dengan Amerika? Apa pendapat Anda?

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.