Jumat, Desember 13, 2013

Android Maju Pesat Microsoft Diuntungkan

InfoTech Review - Berkembang pesatnya teknologi mobile khususnya smartphone dengan sistem operasi Android menjadi keuntungan buat Google, Micosoft dan vendor smartphone yang menggunakan Android sebagai OS smartphone mereka, namun dari semua kerja sama tersebut siapa yang diuntungkan? Google kah, Microsoft kah atau vendor besar seperti Samsung, HTC dan vendor lainnya.

Perusahaan Google dari tahun 2007 sudah menginvestasikan dana yang cukup besar untuk mengembangkan Android smartphone, dan pendapatan Google terbesar dari pengembangan Android ini hanya pada penjualan iklan dan aplikasi Android. Meskipun Google mengembangkan dan membuat produk Android Smartphone sendiri dengan mengakuisisi Motorola sebagai investasi di bisnis mobile. Namun pendapatan Google lebih besar di penjualan iklan Aplikasi di IOS dari pada di Android itu sendiri.
Android Maju Pesat Microsoft diuntungkan

Android memang salah satu sistem operasi terkemuka di dunia, namun dibalik sisi pengembangan Android itu, disitu ada hak paten Microsoft yang harus dibayar royalty nya setiap penggunaan Android. Bayangan saja setiap satu buah ponsel Android dibuat, Microsoft mendapat royalti dari hak paten mereka yang tertanam di Android sebesar $5 samapi $15 per smartphone /tablet Android. Bayangkan saja puluhan bahkan ratusan vendor smartphone menggunakan Android sebagai sistem operasi Android, milyaran ponsel Android di pasarkan setiap tahunnya, hitung berapa royalty yang diterima Microsoft? Dari royalty semua vendor menggunakan Android, Menurut Bussiner Insider pada Microsoft Is Making An Astonishing $2 Billion Per Year From Android Patent Royalties, Microsoft mendapat $ 2,5 Billion per tahun, dan kalo di Rupiah kan sekitar 23 Trilyun se tahun. Angka yang fantastis untuk royalty yang terus berjalan seiring dengan pesatnya persaingan vendor menggunakan Android dengan merilis smartphone unggulan masing-masing berbasis Android.

Meskipun Microsoft sudah sudah mengakuisisi Nokia, Microsoft merambah ke bisnis mobile dengan sistem operasi Windows phone yang dikembangkan, namun tidak sehebat Android yang dikembangkan Google yang sudah menjadi leader OS smartphone mobile. Microsot kalah beberapa langkah untuk merambat ke bisnis mobile. Windows Phone yang dikembangkan dengan merek Nokia Lumia dan berbagai tipe belum juga bisa mengalahkan dominasi Android di pasar mobile teknologi

Microsoft  dengan Windows Phone masih kalah dari pamor Android yang dikembangkan Google, namun Microsoft tetap menerima royalti setiap tahun dari Android, dimana setiap tahunnya semakin meningkat seiring meningkatnya penjualan Android dengan angka yang fantastis. Google hanya menerima pendapatan dari Aplikasi Android dan pastinya iklan mobile yang dikembangkan di Android. Namun pendapatan Google di pendapatan mobile masih bisa diimbangi dari penjualan aplikasi di iPhone OS.

Perusahaan Software Raksasa Microsoft sangat diuntungkan dari maju pesatnya pasar Android smartphone, walaupun Windows mobile masih mulai merangkak menuju persaingan pasar mobile untuk mengalahkan IOS dan Android.

Baca Juga HP Android Termurah Jelly Bean 

0 komentar

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.